Monday, January 12, 2015

Makanan Khas Bandung
Es Lilin - Salah Satu Makanan Tradisional Khas Bandung
Kalau kamu belum pernah ke Bandung dan mencicipi makan khas Bandung, penulis akan bilang bahwa kamu akan sangat menyesal bila belum pernah melakukan kedua hal itu. Penulis pernah mencoba beberapa makanan khas Bandung saat berkunjung ke sana, dan sampai sekarang makanan itu seperti masih menempel di lidah karena rasanya yang unik dan tentunya enak! Baru kali itu penulis mencoba makanan khas daerah dengan rasa yang membuat lidah seperti ketagihan.
Berikut ini, penulis akan menjabarkan makanan khas Bandung yang hanya bisa kamu temui disana dan tentunya, penulis tidak tahu-menahu jika kamu mencoba dan ketagihan, ya. Hehehe.
  • Bandrek
Meski saat ini banyak penjual yang menjual bandrek di kota-kota selain Bandung, menurut penulis tetap Bandrek khas Bandung adalah juara! Selain rasanya yang enak dan khas, bandrek ini sangat pas untuk di konsumsi di tengah dinginnya hawa malam kota Bandung. Rasanya yang hangat dan unik berkat perpaduan jahe dan gula merah akan membuat kamu ketagihan karena sensasinya.
  • Bajigur
Wah, ini minuman khas Bandung yang sangat dikenal dan menjadi bahan guyonan semasa kecil yang terkenal sampai sekarang. Bila kamu mengetahui dan pernah mendengar guyonan tukang bajigur, masa kecil kamu berarti bahagia.
  • Tutut
Makanan ini adalah salah satu makanan khas Bandung yang unik, disajikan dengan kuah yang pedas, daun salam dan sereh, bau amis yang dihasilkan keong akan hilang dan sangat nikmat bila di konsumsi. Cara memakannya pun unik, kamu harus mengeluarkan daging yang bersembunyi di rumah keong dengan tusukan, selain enak, tutut ini juga dipercaya oleh orang-orang dapat menyembuhkan penyakit, loh.
  • Es Lilin
Es legendaries ini berasal dari kota Bandung, terbuat dari campuran gula, santan dan susu, Es Lilin adalah jajanan enak, murah dan sehat semasa kecil dahulu. Saat ini, Es Lilin juga dijadikan ladang usaha bagi muda-mudi kreatif Bandung, Es Lilin saat ini juga mempunyai banyak varian rasa seperti stroberi, mangga, jeruk, alpukat dan lainnya.
  • Colenak
Aneh, ya? Kepanjangan dari colenak adalah dicocol enak. Bahan utama dari colenak adalah tape atau biasa disebut peuyeum oleh orang sunda. Tape yang menjadi bahan utama penyajian colenak dibakar terlebih dulu dan diberi saus, parutan kelapa dan gula merah. Awas, bikin ketagihan!
  • Tahu Lembang
Tahu ini bukan tahu yang beredar biasa di pasaran. Bila tahu biasa dibuat dari kedelai yang di fermentasi, tahu khas Lembang terbuat dari susu sapi. Bagaimana ya rasanya? Penulis juga belum mencoba, tapi bisa dibayangkan bila tahu ini digigit, wah rasa susu akan memenuhi mulut kamu dan sepertinya enak.
  • Mie Kocok
Sesuai namanya, mie jenis ini berkontur beda dengan mie instan yang biasa kita konsumsi. Selain berbeda dari segi kontur, mie kocok dan mie instan juga berbeda dari cara penyajian, mie kocok disajikan dengan cara khas, yaitu di kocok-kocok dan di aduk. Menyantap mi kocok akan lengkap bila ditambah bumbu dan sayuran, apalagi jika di tambah dengan kikil sapi, sedap!
  • Basreng
Basreng adalah olahan baso matang yang digoreng sehingga menjadi sangat renyah ketika disantap. Basreng adalah makanan khas bandung yang sangat digemari karena enak dan murah. Selain itu, basreng biasanya disajikan dengan beberapa campuran bumbu seperti keju pedas, keju original, dan varian lainnya.
Itulah beberapa makanan khas Bandung yang sampai saat ini masih menghiasi kota Bandung dengan rasa yang enak dan bikin ketagihan. Bila kamu berkunjung ke bandung, jangan lupa masukkan list diatas sebagai daftar makanan yang wajib kamu coba.
Posted in ,

0 comments:

Post a Comment